Contoh Rpp Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Dengan Ppk, Literasi, Hots Dan 4C

Berikut ini yaitu berkas Contoh RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C. Contoh RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2019-2020 dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative). Download file format .docx Microsoft Word.

 Berikut ini yaitu berkas Contoh RPP IPS Kelas  Contoh RPP IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C
Contoh RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2017 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C

Contoh RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Contoh RPP IPS Kelas 9 K13 Revisi 2019-2020 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C:

A. Kompetensi inti
  1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, tanaman dan fauna) melalui peta rupa bumi

3.1.2 Mengidentifikasi Potensi SumberDaya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
 
3.1.3 Menjelaskan Sumber Daya Manusia yang mencakup jumlah, sebaran, dan komposisi, pertumbuhan, kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan) dan keragaman etnik (aspek-aspek budaya

3.1.4 Menganalisis Interaksi antar ruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya) 

3.1.5 Menganalisis Dampak interaksi antar ruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

Kompetensi Dasar (KD)
4.1 Menyajikan telaah ihwal perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
4.1.1 Membuat Telaah ihwal Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang Negara-negara asiadan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan danpolitik.

4.1.2 Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie.

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui aktivitas pembelajaran memakai model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping, teknik ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun akseptor didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan alhasil di depan kelas, Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik diperlukan dapat
  1. Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan kondisi Geografis benua asia dan benua lainnya
  2. Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan dan memahami ihwal Sumber Daya Manusia benua Asia dan benua lainnya menyerupai jumlah, sebaran, dan komposisi; pertumbuhan; kualitas (pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan keragaman etnik (aspek-aspek budaya)
  3. Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan pengertian interkasi antarruang dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berafiliasi dengan baik.
  • Peduli
  • Jujur berkarya
  • Tanggung jawab
  • Toleran
  • Kerjasama
  • Proaktif
  • Kreatif

D. Materi Pembelajaran
  1. Benua Asia dan Benua lainnya (letak dan luas, iklim, geologi, rupa bumi, tata air, tanah, tanaman dan fauna) melalui peta rupa bumi
  2. Potensi Sumber Daya Alam (jenis sumber daya, penyebaran di darat dan laut)
  3. Sumber Daya Manusia
  4. Interaksi antarruang (distribusi potensi wilayah Benua Asia dan Benua lainnya) 
  5. Dampak interaksi antarruang (perdagangan, mobilitas penduduk)

E. Materi Pembelajaran Remedial
  1. Remidial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  2. Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan menawarkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), contohnya sebagai berikut. Menelaah Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang Negara-negara asia dan benua lainnya yang diakibatkan factor alam, insan dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan insan dalam ekonomi, sosial, pendidikan danpolitik

F. Materi Pembelajaran Pengayaan
  1. Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  2. Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai komitmen dengan akseptor didik.
  3. Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas contohnya Menyajikan data kependudukan dalam bentuk grafik batang atau Pie.

G. Metode Pembelajaran
  • Pendekatan : Saintifik
  • Metode : Mind mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
  • Model : Discovery learning

H. Media/Alat,Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
  • Media LCD projector, 
  • Laptop, 
  • Bahan Tayang
2. SumberBelajar
  1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPS Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Sumber lain yang relevan

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Contoh RPP IPS Kelas IX (9) K13 Revisi 2019-2020dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative) ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Contoh RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013



Download File:
Contoh RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2017.docx

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Contoh RPP IPS Kelas IX (9) Kurikulum 2013 Revisi 2019-2020 dengan PPK, Literasi, HOTS dan 4C. Semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Rpp Ips Kelas 9 Kurikulum 2013 Dengan Ppk, Literasi, Hots Dan 4C"

Posting Komentar