Panduan Penulisan Soal Sd Mi Smp Mts Sma Ma Smk

Berikut ini ialah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK. Diterbitkan oleh Balitbang Kemdikbud. Download file format PDF.

 Berikut ini ialah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK
Panduan Penulisan Soal SD MI

 Berikut ini ialah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK
Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama MTs

 Berikut ini ialah berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK
Panduan Penulisan Soal Sekolah Menengan Atas MA SMK

Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas buku Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK:

Penilaian terhadap hasil mencar ilmu penerima didik merupakan salah satu aktivitas rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil mencar ilmu dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan penerima didik, memonitor perkembangan mencar ilmu penerima didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai penerima didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut sanggup dipakai banyak sekali bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis hingga ketika ini masih merupakan instrumen yang lebih banyak didominasi dipakai dalam menilai hasil mencar ilmu penerima didik.

Tes tertulis secara umum sanggup dibedakan menjadi tes dengan pilihan tanggapan (non-constructed response test), penerima didik hanya menentukan dari tanggapan yang disediakan, dan tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test), penerima didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan tanggapan sering dikritik sebab dipandang tidak sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan tanggapan sanggup mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan tanggapan (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, jikalau tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh sebab penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diperlukan sanggup memperlihatkan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut sanggup dipakai untuk menilai hasil mencar ilmu penerima didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh sebab itu bentuk evaluasi lain ibarat portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk evaluasi tersebut tidak penting.

    Download Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:







    Download File:

    Pedoman Penulisan Soal SD MI.pdf
    Pedoman Penulisan Soal Sekolah Menengah Pertama MTs.pdf
    Pedoman Penulisan Soal Sekolah Menengan Atas MA Sekolah Menengah kejuruan MAK.pdf


    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Panduan Penulisan Soal SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs Sekolah Menengan Atas MA SMK. Semoga bisa bermanfaat.

    0 Response to "Panduan Penulisan Soal Sd Mi Smp Mts Sma Ma Smk"

    Posting Komentar