Berikut Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Edisi Revisi untuk Sekolah Menengah Pertama. Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 sehubungan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 menjelaskan, bahwa target pembangunan di bidang pendidikan antara lain peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum yang handal, dan tersedianya sistem evaluasi yang komprehensif. Untuk itu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah berhubungan dengan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk SMP (SMP).
Panduan ini melibutkan konsep penilaian, evaluasi oleh pendidik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta evaluasi oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini diuraikan cara tetapkan KKM mengisi rapor. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melakukan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta menciptakan laporan pencapaian kompetensi akseptor didik.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas tugas aneka macam pihak dalam penyusunan panduan ini. Secara khusus disampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan ketepat pada tim penyusun yang telah dan sudah bekerja keras dalam merampungkan panduan ini.
Panduan ini tentulah masih belum sempurna. Oleh disebapkan itu, diharapkan masukan dari aneka macam pihak, terutama kepala sekolah, wali kelas, dan para pendidik untuk penyempurnaan lebih lanjut.
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan Penyusunan Panduan
C. Ruang Lingkup
D. Sasaran Pengguna Panduan
E. Landasan Hukum
II. Konsep Penilaian
A. Pengertian
B. Pendekatan Penilaian
C. Prinsip Penilaian
D. Penilaian dalam Kurikulum 2013
1. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
2. Model KKM
3. Remedial dan Pengayaan
III. Penilaian oleh Pendidik
A. Penilaian Sikap
1. Pengertian Penilaian Sikap
2. Teknik Penilaian
3. Perencanaan Penilaian
4. Pelaksanaan Penilaian
5. Pengolahan Hasil Penilaian
6. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
B. Penilaian Pengetahuan
1. Pengertian Penilaian Pengetahuan
2. Teknik Penilaian
3. Perencanaan Penilaian
4. Pelaksanaan Penilaian
5. Pengolahan Hasil Penilaian
6. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
C. Penilaian Keterampilan
1. Pengertian Penilaian Keterampilan
2. Teknik Penilaian
3. Perencanaan Penilaian
4. Pelaksanaan Penilaian
5. Pengolahan Hasil Penilaian Keterampilan
6. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
IV. Penilaian Oleh Satuan Pendidikan
A. Pengertian
B. Lingkup
C. Bentuk Penilaian
D. Instrumen
E. Kriteria Kenaikan Kelas, dan Kriteria Kelulusan dari Satuan Pendidikan
F. Perencanaan Penilaian
G. Pelaksanaan Penilaian
H. Pengolahan, Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
Daftar Pustaka
Lampiran
Daftar Lampiran
• Program Tahunan
• Program Semester
• Alokasi Waktu
• Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
• Model Rapor Satu KKM
• Model Rapor Multi KK
• Model Rapor SKS Satu KKM
• Model Rapor SKS Multi KKM
• Model POS US
Download selengkapnya Panduan Penilaian Kurikulum 2013 oleh Guru di tahun pelajaran 2019/2018 tepat pada tombol yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
0 Response to "Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2019 Cetakan Ketiga"
Posting Komentar